oleh

Undang Pimpinan Media, Kepala BPS Sulbar Tina Wahyufitri Sampaikan Indikator Strategis Terkini 2024

Mamujuekspres.com|MAMUJU|– Badan Pusat Statistik (BPS) Prov.Sulbar mengundang sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov.Sulbar dan Pimpinan Media Elektronik, Cetak dan Online untuk merilis indikator terkini data statistik, bertempat di aula kantor BPS Sulbar, Senin, 1 April 2024.

Kepala BPS Sulbar Tina Wahyufitri menyampaikan beberapa indikator strategis terkini bulan Pebruari-Maret 2024 diantaranya Perkembangan Indeks Harga Konsumen, Perkembangan Nilai Tukar Petani, Perkembangan Perdagangan Luar Negeri, Perkembangan Pariwisata, Perkembangan Transportasi dan Tingkat Hunian Kamar Hotel, sebutnya.

Adapun pimpinan OPD yang di undang yaitu Sekdaprov. Sulbar, Kepala Perwakilan BI Sulbar, Karo Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sulbar, Kadis Ketahanan Pangan Sulbar dan Kadis Kelautan dan Perikanan Sulbar, sementara Pimpinan Media yang hadir TVRI Sulbar, RRI Mamuju, Radar Sulbar, Tribun Sulbar, Mamuju Ekspress dan Rakyat Sulbar.

Menurut Kepala BPS Sulbar Tina Wahyufitri bahwa Perkembangan Indeks Harga Konsumen Prov.Sulbar Maret 2024 terjadi inflasi year on year 2,76 persen, Indeks Harga Konsumen 105,82. Inflasi tertinggi terjadi di Kab.Majene 2,84 persen dengan IHK 106,28 dan terendah di Mamuju 2,64 persen dengan IHK 105,10 persen.

Dikatakan, Inflasi y-on-y terjadi karena kenaikan harga yang ditunjukkan naiknya indeks kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok makanan, minuman dan tembakau 5,60 persen; kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,06 persen; kelompok kesehatan 2,99 persen; kelompok transportasi 0,52 persen; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya1,90 persen kelompok pendidikan 0,67 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran 6,09 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 1,10 persen.

Sedang kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks, yaitu: kelompok pakaian dan alas kaki 0,36 persen dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,31 persen sementara kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga tidak mengalami perubahan atau relatif stabil dan tingkat inflasi month to month (m-to-m) Prov. Sulbar 0,43 persen dan tingkat inflasi year to date (y-to-d)
0,58 persen, ungkapnya. (ist)