oleh

Kapolda Sulbar Potong Tumpeng, Warnai HUT Satpam Ke-41

Mamuju Ekspres.com-Satuan Pengamanan atau dikenal dengan sebutan Satpam genap berusia 41 tahun sejak diresmikan Kapolri Jenderal Polisi Awaloedin Djamin tahun 1980.

Sebagai mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas, Direktorat Binmas menggelar upacara hari jadi Satpam di Aula Polda Sulbar ditandai pemotongan tumpeng oleh Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Budi Sampurno dengan”, Rabu (02/02/22).

Upacara tersebut dipimpin langsung Kapolri dengan mengangkat tema “Bersama Polri, satuan pengamanan siap menjaga Kamtibmas dan penanggulangan Covid-19” dan dilaksanakan secara Virtual dihadiri oleh Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Budi Sampurno, Waka Polda Brigjen Pol Umar Faroq, Kepala BNN Sulbar Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto, para pejabat utama, perwakilan Satpam serta pengguna jasa satpam.

Kapolda Sulbar melalui Direktur pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Kombes Pol Andarias menyebutkan bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri. Sumber daya yang dimiliki oleh Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A. mulai melakukan berbagai penelitian dan studi banding untuk membentuk suatu pengamanan swakarsa yang menggalang partisipasi masyarakat dimana latihan dasarnya diberikan oleh Kepolisian.

Selanjutnya, Polri akan terus meningkatkan dan menjaga profesionalisme satpam melalui pelatihan dan uji kompetensi satpam baik tingkat Gada Pratama, Gada Madya, dan Gada Utama.

Satpam yang direkrut dan telah selesai melalui proses pelatihan akan langsung mendapatkan sertifikat, ijazah, dan Kartu Tanda Anggota Satpam sebagai kelengkapan administrasi dalam melaksanakan tugas dengan pelatihan dan uji kompetensi ini, Satpam tentunya memiliki kompetensi khusus yang tidak dimiliki oleh masyarakat pada umumnya. Dengan demikian, Satpam merupakan suatu profesi yang patut menjadi suatu kebanggaan.

“Saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Satuan pengamanan yang telah membantu Polri khusunya di Wilayah Sulbar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan atau kawasan tugasnya”, Tutup Dir Binmas Polda Sulbar.(hps)

Komentar

Update Terbaru