oleh

Pj Gubernur -Kapolda-Danrem-Danlanal, Komitmen Bangun Ekosistem Ekonomi Hijau dan Biru di Sulbar

Mamujuekspres.com|MAMUJU|–Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin bersama Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar, Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Deni Rejeki, Danlanal Mamuju Letkol Dedi Andriyatno  menandatangani Nota Kesepahaman di Graha Sandeq Komplek Rujab Gubernur Sulbar, Senin, 3 Juni 2024.

Hal tersebut sebagai komitmen Pemprov.Sulbar bersama Forkopimda menjaga lingkungan dan membangun ekosistem ekonomi hijau dan biru di Sulbar.

Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin mengatakan perlibatan TNI AL dalam penandatangan nota kesepahaman untuk mendorong ekosistem ekonomi biru dan pertama kali dilakukan di Indonesia kerjasama Pemda TNI AD, Polri dan TNI AL, penghijauan itu konsepnya di daratan begitu juga laut kita membangun ekosistem ekonomi hijau dan biru, kata Bahtiar.

Menurut Bahtiar, kegagalan penghijauan selama ini karena sekadar tanam pohon, coba tanam pohon yang berbuah seperti Nangka atau Sukun masyarakat pasti pertahankan pohon itu karena bisa menjadi sumber gizi, sebutnya.

Komitmen bersama ini sebagai upaya mengantisipasi bencana di Sulbar yang berisiko tinggi sehingga dibutuhkan keterlibatan semua pihak menangani persoalan kebencanaan termasuk perbankan melalui program tanggung jawab sosial,  perusahaan dan  perguruan tinggi, ungkapnya.

“Perlu pemahaman, ketika ekosistim alam rusak maka ketahanan pangan juga rusak jadi yang di kerjakan ini dampaknya luar bisa, komitmen bersama Polda, TNI AL-TNI AD merupakan bagian dari kampanye menyelamatkan bumi, ujarnya.

Danlanal Mamuju, Letkol Laut (P) Dedy Andriyatno mengatakan, ia siap mendukung program Pemprov Sulbar utamanya program ekonomi biru yang bertujuan  meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui berbagai kegiatan inovatif dan kreatif dengan tetap menjamin usaha dan kelestarian lingkungan.

“Sekarang mindset sudah berubah, ekonomi biru sudah menjadi potensi yang mulai di lirik bahkan inovasi pemanfaatan laut cukup besar,” ujar Dedi Andriyatno.

Di tambahkan, Angkatan Laut (AL) khususnya Lanal Mamuju mendukung semua program yang bermanfaat bagi keberlanjutan ekosistem laut yang bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat,” ujar Dedy Andriyatno. (rls/red)

Komentar

Update Terbaru