oleh

Faisol Ali, Hadiri Rapat Koordinasi MKNW Tahun 2022

Mamujuekspres.com–Jakarta-Kemenkumham Sulbar, Faisol Ali menghadiri Rapat Koordinasi Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Tahun 2022 bertempat di Hotel Grand Sahid Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Menkumham, Yasonna H. Laoly, melantik 214 Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW), 7 Majelis Kehormatan Notaris Pusat (MKNP), dan 9 Majelis Pengawas Pusat Notaris (MPPN) untuk masa jabatan periode tahun 2022-2025. Plantikan yang dilakukan merupakan upaya untuk meningkatkan efektivitas pembinaan dan terutama pengawasan terhadap notaris karena notaris berperan penting dalam pertumbuhan investasi dan perekonomian di

“Salah satu upaya mempertahankan perekonomian yang dapat dilakukan adalah dengan penyederhanaan pendirian badan usaha. Selain itu pemerintah juga terus berupaya untuk melakukan pencegahan tindak pidana pencucian uang (TPPU) serta Tindak Pidana Pendaan Terorisme (TPPT), dengan mengupayakan keanggotaan Financial Action Task Force (FATF),” ujar Yasonna.

Notaris menjadi salah satu unsur terdepan dalam melaksanakan rekomendasi FATF karena aktivitas notaris sebagai pejabat umum berwenang untuk membuat akta autentik, dan berkewajiban untuk menerapkan prinsip mengenali pengguna jasa dan melaporkan adanya transaksi keuangan yang mencurigakan, beberapa laporan masyarakat terkait kasus hilangnya kepemilikan saham akibat kelalaian notaris yang tidak profesional dan seksama dalam membuat akta, termasuk mengabaikan riwayat akta sebelumnya,” tutur Yasonna.

Dirinya menambahkan, saat ini tantangan yang dihadapi notaris semakin berat, karena semakin banyak notaris yang lahir dan bersaing secara tidak sehat, selain itu, terdapat beberapa oknum notaris yang tidak jujur dalam melaksanakan tugasnya terutama dalam membuat akta, jika diabaikan dapat mencoreng nama profesi notaris. (ham/m2)

Komentar

Update Terbaru