oleh

Dinas Pariwisata Sulbar Selenggarakan Vokasi Standar Kompetensi Barista

Mamuju Ekspres.com–Dinas Pariwisata Sulbar melalui Bidang Ekonomi Kreatif menyelenggarakan pelatihan atau Vokasi standar kompetensi Barista bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) Kopidukasi Makassar dan dibuka secara resmi Kadis Pariwisata Prov. Sulbar bertempat di Hotel Berkah Mamuju, Senin (21/11/21).

Dalam sambutannya  Kadis Pariwisata Prov. Sulbar Drs.H.Farid Wajdi, M.Pd mengatakan pelatihan atau Vokasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan standar kompetensi kepada para peserta tentang Barista Indonesia, agar mendapat pengakuan kompetensi dari pemerintah.

Sesuai UU No. 24 Tahun 2009 Tentang Ekonomi Kreatif, tugas pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan dan memanfaatkan kekayaan warisan, budaya menjadi produk yang menciptakan nilai tambah melalui pengembangan ekonomi kreatif seperti yang diselenggarakan hari ini, ucapnya.

Dikatakan, Dinas Pariwisata Sulbar dalam pembinaan dan pengembangan Ekonomi Kreatif saat ini fokus pada 5 subsector diantara 17 subsector yang ada meliputi Kuliner, Fashion, Kriya, Pertunjukan Seni dan Fotografi.

Program utama 5 subsector tersebut tentu saja melalui pertimbangan bahwa Sulbar memiliki peluang cukup besar untuk mengembangkan subsector dimaksud mengingat SDM atau resources di daerah ini sangat potensial, ujarnya.

Sementara itu Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Sulbar Andi Saiful Rauf mengatakan kegiatan ini di pihak ketigakan dengan LKP Kopidukasi di ikuti sedikitnya 25 peserta berlangsung selama 4 hari, para peserta di edukasi cara mengelola bahan baku, mengelola peralatan dan perlengkapan, mengelola area kerja, pengetahuan tentang produk kopi, mengoperasikan peralatan, menangani pelanggan, menangani situasi konplik dan berkomunikasi secara lisan dalam bahasa inggeris pada tingkat dasar, ungkapnya.

Selanjutnya peserta akan mengikuti ujian pada hari terakhir meliputi 12 modul vokasi Barista yang diajarkan oleh aksesor untuk mendapatkan sertifikat kompetensi Barista Indonesia. (m2)

Komentar

Update Terbaru