oleh

BPBD Sulbar Terima Bantuan WRS Deteksi Gempa

Mamuju Ekspres.com–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar menerima bantuan alat berupa Warning Reciever Sistem (WRS) dari  Kepala Station Geofisika Gowa (BMKG), bertempat diruang operasi BPBD Sulbar, selasa (7/10/21)

WRS  berfungsi sebagai alat Diseminasi informasi gempa bumi dan memberikan peringatan dini tsunami serta informasi lain yang digunakan BMKG termasuk menyebar luaskan ( interface institusion)

Menurut Kepala Badan Pelaksana BPBD Sulbar Darno Madjid, S.Pd, M.Pd ketika memberikan keterangan pers kepada media ini mengatakan bahwa bantuan berupa alat WRS diharapkan dapat membantu tugas dan fungsi lembaga yang dipimpinnya untuk mengatasi masalah kegempaan di Sulbar dan dapat mendeteksi serta meminimalisir terjadinya resiko gempa didaerah ini.

Dikatakan, pihaknya berterima kasih kepada Kepala Station BMKG Gowa yang telah memberikan bantuan alat WRS kepada BPBD Sulbar untuk digunakan membantu melakukan evakuasi korban bencana dengan peralatan WRS, ujarnya.

Sementara itu Kepala Station Geofisika Gowa (BMKG) Rosa Amelia ketika usai memberikan pelatihan kepada 15 petugas BPBD Sulbar mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan bantuan WRS sebelumnya, kepada BPBD Majene dan BPBD Mamuju, khusus BPBD Sulbar merupakan bantuan yang ketiga kalinya.

Alat ini akan bekerja menyampaian durasi informasi gempa berkisar 3 menit sejak gempa terjadi, informasi tersebut cukup cepat dengan tingkat akurasi yang tinggi, sebutnya. (min)

 

Komentar

Update Terbaru