oleh

Warga Sulbar Penasaran Dengan Kehadiran Pisang Cavendish

Mamujuekspres.com|MAMUJU|–Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin berkunjung ke Desa Beru-Beru bersama rombongan menanam pisang cavendish dan bertemu dengan warga untuk mendengarkan prospek pisang cavendish, Sabtu 8 Juni 2024.

Salah satu, warga Desa Beru-Beru Hj Maddualeng dan Rahmadi mengatakan ia mengetahui ada program pisang cavendish tapi masih penasaran, walaupun mereka sudah lama menanam pisang kepo, tapi menanam pisang cavendish belum pernah, ujarnya.

“Saya tertarik mengembangkan karena delapan bulan sudah panen, kemudian panen kedua 6 bulan dan panen ketiga 6 bulan, tinggal pemasarannya semoga diperhatikan”

Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin mengungkapkan ini bagian untuk memeriahkan hari pancasila 1 Juni, 5 Juni hari lingkungan hidup, dan 8 Juni hari laut, Pemprov.Sulbar secara resmi  menanam pisang cavendish memanfaatkan fasilitas KUR yang disiapkan Presiden RI bekerjasama dengan perusahaan, Bank Sulselbar dan  Bank Himbara, ucap Bahtiar.

“Menanam pisang Cavendish di mulai penyiapan lahan, tanah yang cocok, cara menanamnya, penanganan hama hingga panen termasuk pemasarannya, harganya setiap tahun stabil, ada kepastian bagi masyarakat, itu yang sedang di kerjakan, pisang ini tanaman ekspor yang diminta banyak negara”, sebutnya.

Sulbar akan dijadikan budidaya pisang cavendish, secara alamia daerah ini merupakan produsen pisang, masyarakat tinggal dibimbing, saya yakin ini menjadi sumber ekonomi melimpah sekaligus merawat alam, karena kita lihat penghijauan, makanya TNI-Polri, hingga Pemkab mendukung,” tandasnya.

Sebelumnya, Sabtu 8 Juni 2024 Pemprov Sulbar menandatangani MOU dengan PT Citra Agri Pratama, perusahaan yang akan membeli pisang cavendish milik warga dan mendampingi petani mulai penanaman hingga berbuah serta mencarikan solusi agar pisang kepo milik warga Sulbar juga dapat diekspor ke luar negeri. (rls/red)

Komentar

Update Terbaru