oleh

Dinas Transmigrasi Sulbar, Rapat Teknis Identifikasi Perencanaan Kawasan Lahan Transmigrasi

Mamujuekspres.com|MAMUJU|–Dinas Transmigrasi Prov.Sulbar melakukan rapat teknis identifikasi perencanaan kawasan lahan Transmigrasi dengan Konsultan PT. Benuanti Indo Plan Leling bertempat di Aula Kantor Distrans Sulbar, Rabu, 22 Mei 2024.

Kabid Fasilitasi Pertanahan Kawasan Transmigrasi Prov. Sulbar, Muhammad mengharapkan agar pembuatan sketsa jalan geografi BM (Bench Mark) diperhatikan dengan jelas dan lokasi sarana air bersih dengan jarak pemukiman yang disertai dokumentasi serta dibuatkan polygon eksisting.

Dikatakan, identifikasi dan pemetaan lahan transmigrasi direkomendasikan untuk konsolidasi penetapan lahan melalui identifikasi batas antara blok ke blok, kemudian dipasang patok secara permanen sebagai batas lahan, selanjutnya pada patok/pilar permanen tersebut di ikatkan pada patok jalur rintisan agar posisinya mudah didentifikasi di lapangan, seperti pada ujung-ujung blok di dekat sungai, ungkapnya.

Pengukuran pilar-pilar permanen itu dilakukan dengan spesifikasi pengukuran polygon sebagai pengikat titik polygon batas lahan tersebut, diambil titik Bench Mark (BM) pada base lini terdekat, jelas Muhammad.

Selain itu, Jf Analisis Perencanaan Ahli Muda, Bayu Widiyanto, menambahkan, terkait status lahan untuk klarifikasi Tanah HPT (Hutan Produksi Terbatas) harus kordinasikan dengan Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan (BPKHTL) dan Pemkab merencanakan Penempatan pemukiman Kawasan Transmigrasi, sebutnya.

Sementara Kadis Transmigrasi Prov.Sulbar H.Ibrahim, S.Pd, M.Si mengatakan dengan adanya Indentifikasi calon Areal Transmigrasi ini, akan di tindak lanjuti melalui koordinasi dengan stakeholder terkait, dengan tambahan bahwa calon lokasi tersebut akan memberikan tambahan areal kawasan Transmigrasi di Mamuju untuk kesejahteraan masyarakat dan diharapkan ada Investasi Bumdes dalam pengelolaan kawasan Transmigrasi kedepannya, ujarnya.

Rapat tersebut dihadiri Sekertaris Dinas Transmigrasi, Muh.Nasir dan Kabid Fasilitasi Pertanahan Kawasan Transmigrasi Muhammad serta Jf Analisis Perencanaan Ahli Muda, Bayu Widiyanto dan Subag Pengukuran dan pemetaan lahan Kawasan Transmigrasi, Rasyak”. (ist)

Komentar

Update Terbaru