oleh

FKLPID Sulbar Terbentuk, Jembatani Alumni BLK Terserap di Dunia Usaha dan Industri

Mamujuekspres.com|MAMUJU|–Dinas Tenaga Kerja Daerah Sulbar melalui UPTD-BLK berhasil membentuk kepengurusan Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Kerja Industri Daerah (FKLPID) Sulbar periode 2024-2027, bertempat diruang rapat Kadisnaker Sulbar, Kamis, 25 April 2024.

Pembentukan FKLPID berdasarkan Keputusan Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI Nomor : 2/178/HK.03.01/IV/2020 Tentang pedoman pembentukan FKLPID Daerah dan pelaksanaan kemitraan Lembaga Pelatihan Kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Tenaga Kerja Daerah Sulbar yang diwakili Kepala UPTD-BLK Sulbar H.Andi Farid Kusno, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa Struktur organisasi FKLPID Sulbar terdiri 7 orang masing masing; Ketua, Wkl Ketua, Sekretaris dan 4 Anggota berasal dari unsur pemerintah daerah, dunia industri, assosiasi industri, lembaga pendidikan dan lembaga pendidikan pelatih kerja, ungkapnya.

Dijelaskan, FKLPID Sulbar nantinya  bertugas untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi diskusi penyusunan Nota Kesepahaman antara lembaga pelatihan, industri/ perusahaan dan menyusun nota kesepahaman lembaga pelatihan bersama Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta menentukan topik dan pasal-pasal yang akan dimuat dalam Nota Kesepahaman Bersama (NKB) agar tidak bertentangan dengan peraturan perundang undangan yang berlaku sesuai yang diinginkan para pihak, sebutnya.

Selain itu, kehadiran KLPID Sulbar diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk menjembatani para alumni BLK Sulbar agar dapat terserap di dunia usaha dan industri atau mengdorong alumni untuk mendirikan usaha mandiri, karena alumni BLK Sulbar bersertifikasi BNSP kompetensinya tidak diragukan lagi, ucap H.Andi Farid Kusno

“Pemilihan ketua dilakukan secara demokratis dengan mengedepankan musyawarah dan mufakat dituangkan dalam  bentuk berita acara, dipandu Kamri Jafar dari UPTD-BLK Sulbar, seluruh peserta secara aklamasi memilih Firman sebagai ketua FKLPID Sulbar (UMKM/ Bank Muamalat), selanjutnya akan ditetapkan melalui SK Dirjen Binalattas Kemenaker RI dan SK Kadis Tenaga Kerja Daerah Sulbar, rencananya akan dilantik Pj.Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh di hadiri Dirjen Binalavotas Kemenaker RI bulan Mei 2024”. (m2)

Komentar

Update Terbaru