oleh

Pemprov Sulbar Masuk Kategori Hijau, Terima Penghargaan dari Ombudsman RI

Mamujuekspres.com|MAMUJU| –Hasil Penilaian Kepatuhan  masuk Zona Hijau, Ombudsman RI serahkan penghargaan kepada Pemprov. Sulbar, di Graha Sandeq, Jumat 2 Februari 2024.

“Ada empat indikator yang harus dipenuhi agar pemerintahan masuk kategori HIJAU, yakni Dimensi Input meliputi kesiapan SDM, sarana dan prasarana. Dimensi Proses, harus sesuai prosedur sebagaimana diatur dalam UU Nomor 25 Tahun 2009.

Ketiga Dimensi Pengaduan, dimana pemerintah hadir untuk menerima aduan dari masyarakat, terakhir Dimensi Output, yakni pendapat masyarakat terkait pelayanan, apakah puas atau tidak puas, atau masih ada kekurangan.

Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh berterima kasih atas penghargaan tersebut, menurutnya hal ini menjadi motivasi agar kualitas pelayanan semakin optimal, tingkatkan kualitas layanan yang kuning masuk kategori hijau,” ucap Prof. Zudan.

Lanjut Sestama BNPP ini, yang perlu ditingkatkan dalam pelayanan, yakni SDM, sarana dan prasarana, layanan pengaduan, SOP, dan berbasis digital.

“Layanan pengaduan ini bukan hanya tersedia tapi harus digunakan untuk menerima dan menyelesaikan aduan,” kata Prof. Zudan .

Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih mengatakan, kehadirannya di Sulbar untuk memotivasi Pemda agar pelayanan dapat lebih baik, yang belum memenuhi standar pelayanan atau yang kuning kita dorong agar seluruh unit layanan melakukan evaluasi dan mencermati semua penyelenggaraan pelayanan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dari tujuh Pemda di Sulbar, tiga Pemkab masih kategori kuning, yaitu Pemkab Mamuju, Mamasa dan Pasangkayu.

Dia juga mengajak masyarakat agar menyampaikan ke Ombudsman jika ada pelayanan yang dikeluhkan, jangan sungkan sampaikan ke Ombudsman agar pelayanan dapat di tingkatkan,” pungkasnya. (rls/red)

Komentar

Update Terbaru