oleh

Hasil Operasi Zebra Marano Pelanggaran Meningkat, Dirlantas Harap Masyarakat Lebih Sadar Berkendara

Mamujuekspres.com|MAMUJU|– Operasi Zebra Marano 2023 dinyatakan berakhir 17 September 2023, berlangsung  selama 14 hari pelaksanaan operasi tersebut banyak hal yang perlu di evaluasi, sangat disayangkan data pelanggaran dan kecelakaan meningkat jika dibandingkan dengan data operasi tahun sebelumnya.

“Selama 14 pelaksanaan operasi zebra data pelanggaran dan kecelakaan meningkat jika dibandingkan tahun 2022”.

Hal tersebut disampaikan Dirlantas Kombes Pol Velentinus Asmoro,  menyikapi hal itu pihaknya berharap agar masyarakat bisa lebih sadar berkendara untuk menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

“Ayo berkendara dengan patuh dan sadar keselamatan yang pertama dan utama,” ajak Dirlantas.

Dari data pelanggaran berdasarkan rekapan hasil Operasi Zebra selama 14 hari sebanyak 4.557 penindakan dengan rincian Etle Mobil 40 pelanggar, tilang manual sebanyak 1.755 kasus dan jumlah teguran 2.762 kasus selama operasi, ungkap Dirlantas.

Dirlantas juga menjelaskan, dari tiga penindakan pelanggaran ini, termasuk teguran jumlah tilang mengalami kenaikan 78,10 persen, jika dibanding dengan capaian Operasi Zebra 2022 dengan jumlah tilang hanya sebanyak 998 pelanggar.

Untuk data kecelakaan tercatat 35 kejadian selama operasi zebra 2023 dengan rincian meninggal dunia 3 orang, luka berat 6 orang, luka ringan 34 orang dan kerugian materil sebanyak Rp. 160.500.000. Jika dibandingkan dengan data kecelakaan sebelumnya secara keseluruhan baik korban hingga kerugian materil semuanya meningkat.

Intinya kita sangat berharap dengan data ini masyarakat bisa belajar dan lebih sadar berlalu lintas dan bisa bersama-sama menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan demi mewujudkan kamseltibcarlantas, tutup Dirlantas. (hps)

Komentar

Update Terbaru