oleh

Mendagri Apresiasi Pemkab.Mamuju, Angka Inflasi Terendah Di Indonesia

Mamujuekspres.com|MAMUJU|–Angka inflasi di Kab.Mamuju menunjukkan trend positif dengan penurunan cukup signifikan, sebelumnya inflasi 3,89 menempatkan sebagai Kabupaten ke-4 dari 10 Kabupaten dengan angka inflasi terendah se-Indonesia.

Mendagri Tito Karnavian, lewat zoom meeting bersama sejumlah Kepala Daerah dan BPS serta stakeholders bahwa angka inflasi secara nasional years on years (yoy) telah mengalami penurunan menjadi 4,33 %, Rabu, 3 April 2023.

Mendagri  apresiasi Pemkab. Mamuju dengan angka inflasi terendah se-Indonesia, dengan persentase 2,96, diharapkan daerah yang  mampu menekan angka inflasi agar dapat mempertahannya trend tersebut, sehingga stabilitas ekonomi tetap terjaga.

Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi menyampaikan, capaian angka inflasi terendah se-indonesia merupakan prestasi yang harus di pertahankan, karenanya ia meminta semua perangkat daerah untuk terus bekerjasama, mengintervensi dan menganalisis kekurangan-kekurangan yang menjadi penyebab kenaikan inflasi.

Dikatakan, faktor yang menjadi pendorong kenaikan inflasi yaitu sektor pangan, seperti cabe pada Maret lalu menjadi penyumbang inflasi, namun dengan berbagai intervensi pada sektor pertanian dan program mulai jalan, maka April ini komoditas cabe justru sebaliknya menjadi penyumbang deflasi.

Secara umum kondisi ekonomi cukup stabil, ketersediaan barang dan kebutuhan lainnya tetap terjaga, daya beli masyarakat juga cukup baik.

Alhamdulillah di Sulawesi Barat dan Mamuju sebagai indikator, mampu menjadi yang terendah inflasinya, semoga hal ini terus pertahankan, kunci Bupati  (ist)

Komentar

Update Terbaru