oleh

Tekan Inflasi, TPID Sulbar Pantau Harga Pangan Jelang Ramadhan

 

Mamujuekspres.com|MAMUJU|–Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah 2023 diselenggarakan secara virtual di Kantor Gubernur Sulbar dihadiri Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sulbar, Yakub F. Solon, didampingi Kadis Ketahanan Pangan Sulbar Abdul Waris Bestari dan Kadis Kominfopers Sulbar Mustari Mula, Senin 13 Maret 2023.

Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri RI, dipimpin Mendagri, Tito Karnavian.

Dikatakan, menjaga inflasi di negara kita, tidak boleh berhenti menekan inflasi, jika terjadi kenaikan maka dampak inflasi itu akan mempengaruhi berbagai hal

, termasuk politik, keamanan dan sebagainya akan sangat berbahaya, tuturnya.

Sejatinya pemerintah harus melakukan langkah konkret di setiap daerah, baik kementerian, lembaga, pemerintah daerah, kabupaten dan stakeholder terkait untuk terus menekan inflasi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulbar, Abdul Waris Bestari mengatakan, Rakor tersebut dilakukan setiap senin untuk mendengarkan laporan di tiap provinsi terkait inflasi dan kebutuhan pangan di setiap daerah.

“Sesuai arahan Mendagri RI, TPID harus melakukan survei langsung ke lapangan, rencananya TPID Sulbar melakukan sebelum Ramadhan,” sebutnya.

Secara nasional Sulbar di posisi kedua kategori daerah terendah inflasi, tapi ada sejumlah kendala dari segi komoditas yang dipaparkan oleh pihak Kemendagri RI untuk Sulbar.

“Ada ketidaksinkronan data sebab kita termasuk daerah surplus, Kabupaten Majene merupakan daerah produksi bawang, sedang secara potensi kita sebesar 200 ton, cabe Kabupaten Polman yang baru panen juga terjadi ketidaksinkronan data di pusat dan akan disampaikan ke pemerintah pusat terkait data tersebut,” ungkapnya (frd/red)

Komentar

Update Terbaru