oleh

Gubernur Sulbar Resmikan Rumah Singgah Pelajar Bala-Balakang

Mamujuekspres.com–Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar meresmikan Rumah Singgah Pelajar Bala-Balakang bertempat di Jalan Nelayan Karema Selatan, Mamuju, rabu (11/5/22).

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, pembangunan rumah singgah pelajar tersebut merupakan salah satu bukti perhatian dan keseriusan Pemprov Sulbar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di pulau Bala-Balakang.

Dikatakan, bangunan ini dapat diperluas dengan menambah bangunan baru pada lahan kosong disamping bangunan tersebut, untuk keperluan  masyarakat dari Kepulauan Bala-Balakang jika ada urusan di Kota Mamuju, seperti melakukan pengobatan atau aktifitas lainnya.

Melalui kesempatan itu, Ali Baal menyinggung tentang pembangunan tanggul pemecah ombak di Kepulauan Bala-Balakang, ia mengatakan, untuk tahap awal pembangunan tanggul sudah ada di tiga titik pulau, yaitu Pulau Ambo, Pulau Popongan, dan Pulau Salissingan.

“Insya Allah tahun ini juga melalui anggaran dari BNPB kita akan mendapatkan alokasi dana untuk pembangunan tanggul pemecah ombak pada beberapa pulau di Kepulauan Bala-Balakang,”bebernya

“Alhamdulillah di sana juga sudah ada sarana listrik, air bersih dan telekomunikasi, bahkan rencana kami kalau bisa ada satu pulau yang besar untuk didorong membangun penyulingan minyak bumi dan gas.

Kedepannya, nanti dari pemerintah akan memikirkan bagaimana industri pariwisata bisa masuk sesegera mungkin,”sambungnya

Kepala Dinas PUPR Sulbar, Muhammad Aksan mengatakan Rumah Singgah Pelajar Bala-Balakang seharusnya sudah diresmikan sejak beberapa tahun yang lalu, namun, karena ada Covid-19  dan anak-anak belum bisa sekolah sehingga peresmiannya tertunda.

Aksan menjelaskan, Rumah Singgah Pelajar Bala-Balakang tersebut dibangun sepenuhnya menggunakan APBD Provinsi Sulbar dengan menelan dana sebesar Rp.640 juta, pekerjaannya di mulai pada Tahun Anggaran 2019.

“Jadi sejak awal pandemi Covid-19 sudah dimulai tahap pembangunan sampai di akhir penataan halamannya di tahun 2021,”beber Aksan

Sementara itu, Asisten III  Pemkab. Mamuju Artis Effendi mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian dari Pemprov Sulbar, yang sangat peduli dan memperhatikan masyarakat Kepulauan Bala-Balakang serta memperhatikan masyarakat kami, khususnya anak-anak pelajar kami yang merupakan generasi penerus bangsa, karena telah dibuatkan rumah singgah pelajar di Mamuju.

Semoga rumah singgah tersebut dapat dimanfaatkan dan dirawat sebaik-baiknya, sehingga apa yang menjadi harapan dari Pemprov Sulbar dapat dimanfaatkan dan difungsikan dengan baik sesuai dengan peruntukannya, tuturnya (hms)

Komentar

Update Terbaru