oleh

Kepala BPTP Sulbar Kembangkan Benih Unggul Dan Tehnologi Balitbangtan

Mamuju Ekspres.com–Mamuju, 07/09/2021- Gerakan Panen Padi yang merupakan kegiatan pengembangan benih unggul dan teknologi Balitbangtan dilaksanakan di Desa Tarailu Kec. Sampaga Kab. Mamuju. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPTP Sulawesi Barat Dr. Ir. Nurdiah Husnah, M.Si, Kadis TPHP Kab. Mamuju alwinuddin, SP, Kepala Desa Tarailu H. Hasanuddin, Kapolsek Sampaga dan Koordinator BPP Sampaga serta anggota Kelompok Tani Masumpuloloe.

Acara diawali dengan kegiatan panen bersama yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan sharing terkait pengalaman petani dalam pelaksanaan kegiatan perbenihan ini. Secara teknis pelaksanaaan kegiatan perbenihan dijelaskan oleh Ketut Indrayana, S.TP Peneliti BPTP Sulawesi Barat bahwa kegiatan perbenihan ini dilakasanakan di 6 kelompok salah satunya di KT Masompuloloe Kec. Sampaga dengan luar hamparan 6 Ha, 1 KT di Papalang, 3 KT di Kec. Kalukku dan 1 KT di Kec. Tappalang. Adapun tujuan kegiatan ini bagaimana BPTP Sulawesi Barat mendiseminasikan VUB Padi Balitbangtan kepada petani dengan harapan kegiatan ini bisa mengahasillan outpun berupa benih yang dapat dimanfaatkan oleh anggota KT maupun petani sekitar.

Kepala BPTP Sulawesi Barat Dr. Ir. Nurdiah Husnah, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan awal persiapan kita dalam menyambut perpindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantam Timur yang mana Kab. Mamuju merupakan sentra pengembangan tanaman pangan.

“Kita mempersiapkan diri dari sekarang, persiapan awal kita harus dimulai dari benih, kita tanam bemih yang bagus, benih yang unggul dari Barietas yang bagus Insya Allah hasilnya akan bagus karena itu sudah filosofi jika bibitnya bagus hasilnya akan bagus, harapannya kita mampu mandiri benih”. Ujar Dr. Ir. Nurdiah Husnah, M.Si dalam sambutannya.

“Kami sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh BPTP Sulawesi Barat, kami harapkan dengan berhasilnya kegiatan penangkaran ini mampu menyediakan benih sebar yang unggul di Kab. Mamuju bukan lagi benih didatangkan dari luar”. Ujar Alwinuddin, SP.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan petani mampu mandiri benih dalam mendukung pembangunan pertanian di Kab. Mamuju.

“Petani Keren, Petani Hebat” (***)

Komentar

Update Terbaru