oleh

Dikbud Sulbar, Kelola 75 M Anggaran DAK-SMK TA.2021

Mamuju Ekspres.com—Bidang SMK pada Dikbud. Sulawesi Barat untuk TA. 2021 kelola Anggaran Alokasi Khusus (DAK) sebesar 75 M untuk membangun sedikitnya 30 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta se-Sulbar, hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang SMK Dikbud Sulbar Irham Yakub, S.Sos, M.Si ketika dikonfirmasi wartawan Mamuju Ekspres.com diruang kerjanya, kamis (27/5/21).

Dikatakan, anggaran tersebut diperuntukkan pada sektor layanam pendidikan meliputi pembangunan ruang kelas, perpustakaan,  laboratorium dan ruang praktek, namun tata kelolanya berbeda tahun sebelumnya, untuk anggaran DAK TA. 2021 dipihak ketigakan melalui proses pengadaan barang dan jasa ULP sedang tahun lalu anggaran swakelola.

Anggaran pembangunan infrastruktur SMK tahun ini terbilang sedikit jika dibanding tahun lalu mencapai 122 M, tapi menggunakan pola pembangunan secara tuntas artinya kebutuhan sarana prasarana sekolah terpenuhi, sedang tata kelola anggaran tahun lalu menitip beratkan pada aspek pemerataan, ujarnya.

Faktor lain yang membuat anggaran DAK minim, pemerintah saat ini fokus pada pemulihan ekonomi dan program DAK sudah sering dikucurkan didaerah ini serta tingkat kebutuhan sudah hampir merata.

Dikbud Sulbar sebagai pelaksana kegiatan hanya melakukan monitoring terkait dengan kualitas pekerjaan kontraktor kemudian menyerahkan kepada sekolah melalui proses serah terima jika pembangunan sekolah tersebut rampung, selanjutnya pihak sekolah memelihara fasilitas yang sudah dibangun.

Kepada para kepala sekolah, walaupun DAK bukan berbentuk swakelola namun diharapkan tetap mengawasi dan memantau pekerjaan yang dilaksanakan kontraktor, minimal mengawasi secara intetnal, tutupnya.(ist)

Editor : ANDI

Komentar

Update Terbaru