oleh

Dirjen Otoda, 178 Kepala Daerah Dilantik

Mamuju Ekspres,com–Kemendagri menetapkan sebanyak 178 pasang kepala daerah terpilih untuk melaksanakan pelantikan serentak, Jumat, (26/2/21). Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, menyatakan dalam teleconference via Zoom, Kamis, 25 Februari pukul 10.03 hingga 11.25 WITA. Akmal merinci, dari 178 Kepala terdapat 121 Kabupaten/ Kota dengan perselisihan hasil pemilihan (PHP), 57 di antaranya dinyatakan ditolak Mahkamah Konstitusi.

Dalam teleconference yang dihadiri 161 peserta tersebut, Akmal mengungkapkan akan ada 3 kabupaten yang dilantik langsung, sementara 175 lagi akan dilantik secara virtual termasuk Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasangkayu, Mamuju Tengah dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Dirjen mengapresiasi hal tersebut sebagai bagian dari keindahan otonomi daerah. “Inilah indahnya otonomi daerah; kita tidak harus menerapkan pendekatan simetris kepada setiap daerah. Disesuaikan saja dengan kondisi daerah masing-masing, tanpa mengabaikan new normal tentunya.”

Akmal kemudian menambahkan, agar Forkopimda senantiasa berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di masing-masing daerah. “Kita sudah berdarah-darah mengamankan kontestasi Pilkada. Tentunya kita berharap pelantikan serentak juga bisa terlaksana dalam situasi kondusif tanpa euforia berlebihan seperti arak-arakan atau orasi kemenangan yang bisa mengundang kerumunan. Kita sebisanya mencegah timbulnya pasien Covid-19 klaster pelantikan, ” tukasnya.

Pelantikan Serentak Bertahap sendiri akan dilaksanakan dalam 3 periode, diawali pada 26 Februari, kemudian pada bulan April, dan juga akhir Juli 2021. Pelaksanaan bertahap tersebut disebabkan disparitas akhir masa jabatan daerah yang masih sangat tinggi. (Diskominfosandi – RF)

Komentar

Update Terbaru