oleh

Dinas Kesehatan Sosialisasi Penyusunan Perbup

Mamuju Ekspres.com– Dinas Kesehatan Kab. Mamuju melakukan sosialisasi Penyusunan Peraturan Bupati (Perbup)  tentang peran Desa dalam penanganan stunting yang dihadiri sedikitnya 130 peserta, kamis (19/12/20).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju yang di wakili oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dewi Sundari mengatakan dari 44,46%  jumlah stunting di Kab. Mamuju selama dua tahun terakhir ini berhasil menurun sebanyak 25% stunting, meski prevalensi stunting diKab. Mamuju masih sangat rendah di Sulawesi Barat  yang berada diangka 53,7% sedangkan Kabupaten lainnya itu sudah ada yang mencapai 80 % sehingga waktu yang masih tersisa dua minggu terakhir ini dapat di gunakan untuk menggenjot pengimputan dan memburu Kabupaten lain agar data prevalensi stunting diangka 53,7% bisa dipertahankan dan apa bila sudah mencapai 80% nanti, data yang tampilkan kedepan itu sudah tidak bisa lagi diragukan baik tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten, ujarnya

Terkait peran Desa dalam penanganan stunting, Kepala Seksi Pemberdayaan dan Lembaga kemasyarakatan Desa Sabrianty Qadarsih mengatakan penyusunan Perbup tersebut akan menjadi pedoman bagi Desa dalam merencanakan dan mengalokasikan anggaran dari APBDes yang bersumber dari Desa untuk melaksanakan kegiatan intervensi pencegahan stunting ditingkat Desa juga memberikan kepastian hukum yang dapat di gunakan sebagai rujukan bagi Desa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan dalam mendukung upaya pencegahan stunting. (hpm)

Editor : ANDI

Komentar

Update Terbaru