oleh

H.Ibrahim, Wujudkan Kawasan Transmigrasi Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Mamuju Ekspres.com–Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat senantiasa melakukan inovasi baru dan mendekatkan diri kepada para warga transmigrasi pada 6 daerah Kabupaten diantaranya UPT Transmigrasi Rano Kab. Mamasa, UPT Saloandeang Kab. Mateng dan UPT Tanjung Cina Kab. Pasangkayu, hal tersebut diungkapkan Kadis Transmigrasi Prov. Sulbar H.Ibrahim, S.Pd, M.Si ketika dikonfirmasi media ini beberapa waktu lalu diruang kerjanya.

Menurut H.Ibrahim bahwa dirinya berkeinginan untuk mewujudkan kawasan trasmigrasi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi bagi enam kawasan pemukiman transmigrasi didaerah ini karena potensi lahan yang terbilang kering sangat cocok ditanami komoditi seperti sawit dan coklat. Para trasmigran mendapatkan lahan seluas 2 ha setiap Kepala Keluarga yang terdiri dari 1 ha untuk pekarangan dan 1 ha untuk ditanami atau dimitrakan kepada perusahaan, selain itu fasilitas dilokasi transmigrasi harus diperhatikan seperti rumah tempat tinggal, gedung sekolah, tempat pelayanan kesehatan dan sarana air bersih, ujar mantan Kabiro Kesra Pemprov. Sulbar.

Ditempat terpisah Kepala Bidang Pembangunan, Pemukiman dan Penempatan Transmigarasi  (P3Trans) Bajuri, HS, SE mengatakan hingga kini sedikitnya telah dipersiapkan sebanyak 225 unit rumah transmigrasi tapi baru dibangun 151 unit rumah transmigrasi siap huni terdiri dari 95 unit UPT Saloandeang dari rencana 110 unit TPA, 38 unit UPT Salolisu dan 18 unit UPT Rano sedang UPT Tanjung Cina di Kab. Pasangkayu terdapat 15 KK Transmigrasi Penduduk Asal (TPA) sementara dalam tahap pembangunan, ujarnya.  (ist)

Editor : ANDI

 

Komentar

Update Terbaru