oleh

Pemprov Sulbar Inventarisasi Potensi Kerja Sama Daerah Sulsel-Kaltim-Gorontalo

Mamujuekspres.com|Makassar|–Penyelenggaraan pemerintahan daerah menuntut kreatifitas dan inovasi dalam menerapkan manajemen pemerintahan yang efisien dan efektif. Keterbatasan anggaran, SDM maupun sarana dan prasarana bukan penghalang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal.

Pemprov Sulbar melalui Biro Pemerintahan dan Kesra menggelar Rapat Koordinasi dan Inventarisasi Kerja Sama Daerah Dalam Mendukung Pengendalian Inflasi dan Pembangunan Ibu kota Nusantara, bertempat di Hotel Remcy, Makassar, Jumat 1 Desember 2023.

Rakor tersebut dihadiri Sekprov Sulbar Muhammad Idris, OPD  Pemprov Sulbar, perwakilan Pemprov Sulsel, Kaltim dan Pemprov Gorontalo secara virtual dengan agenda penyusunan draft kesepakatan bersama guna terwujudnya kerja sama daerah dalam pembangunan dan pengembangan potensi daerah.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengatakan, rakor ini merupakan upaya untuk memantapkan hubungan keterikatan antar daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, untuk menyelaraskan pembangunan daerah, mensinergikan potensi antar daerah, serta meningkatkan pengetahuan teknologi dan kapasitas fiskal.

“Melalui rapat tersebut, kita menginventarisir persoalan pembangunan dan merumuskan kebijakan dan masalah yang dihadapi untuk mewujudkan kerja sama daerah, harapannya dapat mengurangi kesenjangan antar daerah, penyediaan pelayanan umum, dan peningkatan investasi dan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Idris

Menurutnya, kerja sama daerah dipandang dapat mendorong percepatan terwujudnya visi misi kepala daerah karena pendekatan itu menitikberatkan pada aspek sinergi, efisien dan efektifitas untuk disepakati, sehingga kita dapat menentukan langkah startegis memetakan potensi sumberdaya, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sebutnya. (rls/red)

Komentar

Update Terbaru