oleh

Pj.Gubernur Launching Kegiatan Sosialisasi Data Desa Kelurahan Presisi Sulbar

Mamujuekspres.com|MAMUJU|–Pj.Gubernur Sulbar Akmal Malik secara resmi membuka acara launching dan sosialisasi data Desa Kelurahan Presisi se Sulbar, bertempat di Hotel Maleo, Kamis 4 Mei 2023.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Sulbar, Kapolda Sulbar Kajati Sulbar, Ka.Pengadilan Tinggi Sulbar, Danrem 142 Tatag, Sekprov.Sulbar, Rektor IPB University, Rektor Untad, Bupati se Sulbar, Ketua DPRD Kabupaten se Sulbar, Dr.Sofyan Sjam Penggagas Data Desa Presisi, Sekdakab se Sulbar, Kepala OPD lingkup Pemprov.Sulbar, Kepala Instansi Vertikal, Kadis PMD se Sulbar, Kepala Bappeda se Sulbar, TPAM Progran P3MD se Sulbar, para Camat Lokus DDP Batch III se Sulbar, para Kades dan Lurah Lokus DDP Tahap III se Sulbar dan sejumlah undangan.

Pj.Gubernur Sulbar Akmal Malik dalam sambutannya mengatakan program Data Desa Kelurahan Presisi (DDKP) bertujuan mengumpulkan data secara akurat, komprehensip dan presisi di wilayah Desa dan Kelurahan untuk meningkatkan akurasi, efesiensi dan efektivitas pengambilan keputusan di tingkat Desa/Kelurahan secara berkelanjutan.

Program Batch III Tahun 2023 DDKP mencakup 145 Desa tersebar pada 13 Kecamatan dan 6 Kabupaten se Sulbar dengan bekerjasama IPB University untuk memperkuat kapasitas dan keterampilan para enumerator spasial menggunakan Drone Partisipatory, ungkapnya.

Akmal Malik berharap bahwa program DDKP tersebut menjadi sarana yang efektif bagi Desa/ Kelurahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kita perlu memastikan bahwa pemerintah disemua tingkatan agar mengajak seluruh pihak untuk berkomitmen menjalankan tugas dan tanggung jawab secara profesional, ujar Akmal Malik.

Sementara itu Kadis PMD Sulbar Muh. Jaun, S.Ip, MM dalam laporannya mengatakan kegiatan ini dilakukan secara bertahap, TA.2022 Batch I sebanyak 45 lokus tersebar 9 Kelurahan dan 36 Desa, Batch II 68 Lokus tersebar 63 Desa dan 5 Kelurahan dan Batch III 145 lokus tersebar 13 Kecamatan, pembiayaannya melalui APBD Provinsi, APBD Kabupaten dan APBD Desa.

Dikatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan Data Desa Kelurahan Presisi (DDKP) kepada peserta sosialisasi yang berasal dari 6 Kabupaten se Sulbar dan memberikan pemahaman dan manfaat tentang DDKP, ungkapnya.

Adapun nara sumber kegiatan launcing dan sosialisasi Data Desa dan Kelurahan Presisi diantaranya Pj.Gubernur Sulbar, Rektor IPB, Dr.Sofyan Sjam, Kadis PMD Sulbar dan Koordinator TAPM Provinsi Sulbar. (andi/red)

Komentar

Update Terbaru