oleh

Kalepu Terpilih Jadi Desa Percontohan Anti Korupsi 2023, Mewakili Kab.Mamuju dan Sulbar

Mamujuekspres.com|MAMUJU|–Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat melakukan observasi pada 81 Desa dari 22 Provinsi se Indonesia dalam rangka pembentukan percontohan Desa Antikorupsi 2023.

Salah satu desa yang berhasil lolos di Kab.Mamuju menjadi desa Percontohan Anti Korupsi yaitu Desa Kalepu terletak di Kecamatan Tommo, mewakili Sulawesi Barat sesuai surat Komisi Pemberantasan Korupsi No : B/1763/DKM.01.02/80-84/04/2023

Kepala Desa Kalepu, Indo Upe mengapresiasi pencapaian yang diraih Desanya karena dapat bersaing di tingkat Nasional, selaku Kades Kalepu, Indo Upe berterimakasih kepada Pemkab Mamuju khususnya DPMD, Inspektorat dan Kominfo.

Menurutnya, ia tidak menyangka jika Desa Kalepu yang merupakan desa kecil, terletak diwilayah perbatasandaoat terpilih sebagai Desa Percontohan Anti Korupsi, ujarnya.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Mamuju, Muhammad Yani mengapresiasi keberhasilan Desa Kalepu sebagai Percontohan Desa Anti Korupsi versi KPK RI, untuk menjadikan desa Kalepu sebagai desa anti korupsi tentunya perlu kolaborasi bersama, antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah desa termasuk kecamatan serta keikutsertaan masyarakat yang akan merasakan langsung manfaat dari pelaksanaan pemerintahan di desa.

“Prestasi ini merupakan hal yang luar biasa dan menjadi tantangan serta masih banyak yang perlu di benahi di desa kalepu jika merujuk pada pedoman yang ada,” tutur Yani

Yani juga menegaskan, bahwa Inspekorat, DPMD dan Diskominfo Kabupaten Mamuju siap untuk mengawal Desa Kalapu agar dapat bersaing di tingkat nasional

“Dengan adanya percontohan Desa Kalepu sebagai desa anti korupsi KPK, kami berkomitmen kedepan, khususnya di Mamuju agar seluruh desa harus berbenah untuk menuju desa anti korupsi dengan instrumen-instrumen yang sudah ada,” tegas Yani. (ist)

Komentar

Update Terbaru