oleh

Pj.Gubernur Sulbar-Gubernur Jeollabuk-do Bicarakan Kerjasama Smart Farming

 

Mamujuekspres.com|JAKARTA| – Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik bertemu Gubernur Jeollabuk-do, Korea Selatan, Kim Kwan-young, di Jakarta, Sabtu , 18 Februari 2023.

Kedua Gubernur tersebut membicarakan tentang upaya pengembangan ekonomi dan kesejahteraan daerah, khususnya Sulawesi Barat. Salah satu poin utama pembicaraannya terkait rencana kerjasama antara kedua provinsi di bidang perkebunan.

Gubernur Jeollabuk-do, Kim Kwan-young menuturkan pihaknya sangat tertarik dengan Sulbar yang akan menjadi daerah penyuplai kebutuhan ibukota baru Indonesia di masa depan.

Untuk itu guna mewujudkan salah satunya smart farming di Tanah Mandar berupa perkebunan buah dan sayur, baik secara kuantitas maupun kualitas produk yang dihasilkan bernilai ekspor

“Gubernur Kim mengatakan smart farming di Korea Selatan sudah berjalan dengan baik, hasil produksinya berupa kentang, strawbarry, melon dan jamur. sudah diekspor bahkan ke Indonesia,” kata Akmal Malik.

Menurutnya, ia ingin masyarakat Sulbar belajar dari Provinsi Jeollabuk-do tentang implementasi smart farming, lantaran kondisi lahan pertanian di Sulbar semakin lama kian tergerus akibat pertumbuhan areal pemukiman penduduk.

“Smart farming menjadi salah satu solusi untuk mengembangkan sektor pertanian di Sulbar. Masyarakat bisa terlibat secara aktif memanfaatkan ruang yang terbatas untuk tanaman perkebunan bernilai ekonomis. Ini perlu kita pelajari di Jeollabuk-do,” jelas Akmal.

Ia menegaskan bahwa smart farming menjadi salah satu  solusi bagi Sulbar untuk keluar dari permasalahan ekonomi skala kecil-kecil.

“Kita berencana untuk segera berkunjung ke Provinsi Jeollabuk-do dalam waktu dekat, mempelajari tentang metode smart farming dan selanjutnya di implementasikan di Sulbar,” pungkas Akmal Malik. (rls)

Komentar

Update Terbaru