oleh

Bantuan Kemensos, Pemkab. Mamuju Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

Mamujuekspres.com–Bencana Alam yang terjadi akhir-akhir ini menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Mamuju. Lewat dukungan Kementerian Sosial RI, Pemkab Mamuju dipastikan telah menjadi salah satu daerah yang memiliki lumbung sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mamuju Iksan Lasami, menjelaskan, lumbung sosial adalah penyediaan bahan bantuan (Buffer Stock) di lokasi rawan bencana sehingga pendistribusian bantuan bisa lebih cepat tanpa harus lagi menunggu penyaluran dari pusat kota jika terjadi bencana. (1/11/22).

Lanjut Iksan, pada tahun 2022 melalui Kemensos, dua Kecamatan ditunjuk sebagai lokus lumbung sosial di wilayah Kabupaten Mamuju, yaitu Kecamatan Tapalang dan Kecamatan Kalukku.

Ini seperti gudang kami yang pindah di kecamatan untuk mendekati titik-titik bencana,” tambahnya.

Meski baru terakomodasi di dua Kecamatan, namun kata Iksan Lasami, wilayah kecamatan lainnya yang berdekatan, juga dapat mengakses bantuan dari lumbung sosial jika terjadi kondisi bencana, tandasnya.

Adapun stok lumbung sosial tersebut terdiri dari Makanan siap saji, makanan anak, matras, selimut, pakaian layak, popok bayi, family kits, kids ware, peralatan masak untuk pendirian dapur umum, genset, perahu karet, serta alat-alat penunjang evakuasi ketika bencana terjadi.

Fungsional Subdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi, Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (Direktorat PSKBA) Kementerian Sosial RI, Tarwan, menerangkan pembentukan lumbung sosial merupakan program kemensos yang bertujuan untuk mendekatkan logistik bantuan ke titik-titik potensi bencana.

Kemensos mendistribusikan logistik bantuan yang ditempatkan di Kecamatan melalui koordinasi dinas sosial setempat, untuk di Mamuju sendiri ada dua kecamatan, dan di majene juga kami sudah bentuk di satu Kecamatan,” ungkap Tarwan.”Kedepannya akan diupayakan seluruh Kecamatan di Sulbar, utamanya Mamuju memiliki pos lumbung sosial,” tambahnya.

Komentar

Update Terbaru