oleh

Dorong Kemajuan UMKM Di Mamuju, MCCF Gelar Literasi Digital

Mamujuekspres.com- Melalui seminar nasional literasi keuangan ekonomi digital UMKM dan ekonomi kreatif dimotori Mamuju Creative City Forum (MCCF), Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, S.H, M.Si menyatakan dukungan penuh terhadap pengembangan UMKM di Kabupaten Mamuju. Tidak hanya melalui intervensi program yang telah dilakukan dengan memberikan sejumlah bantuan kepada para pelaku UMKM, namun juga secara khusus Bupati membuka ruang komunikasi terhadap kondisi para usaha tersebut agar dapat maju dan berkembang ujarnya, rabu (21/9/22).

Namun demikian, Sutinah menyebutkan hal yang perlu didorong dalam peningkatan kemajuan pelaku UMKM adalah pemanfaatan teknologi informasi yang semakin berkembang, sehingga mereka tidak lagi harus terbatas dalam aspek pemasaran yang biasa dilakukan secara konvensional namun dapat menjangkau pasar yang lebih luas bahkan ke seluruh dunia jika menggunakan media sosial, untuk itu ia mendorong para pelaku usaha agar dapat mengupgrade kemampuan dalam memanfaatkan telnologi digital.

Selain itu, Bupati yang pernah menjabat Kadis Perdagangan¬† meminta para pelaku usaha untuk memperhatikan pengemasan produk agar dapat lebih menarik sehingga semakin mudah dipasarkan.” Saya sudah lihat dimana-mana, ternyata produk kita tidak kalah dengan produk luar, bahkan mungkin ada yang lebih bagus, tapi sayangnya kemasan produk yang menjadi pandangan pertama kita masih kalah dengan produk luar” kata Sutinah Suhardi dihadapan Sekprov. Sulbar H. Muhammad Idris, dan Kaper BI Subar Hermanto, yang juga narasumber dalam kegiatan tersebut bersama Staf khusus Kemenkop UKM RI sebagai ketua umum ICCN, Tb. Fiki C Satari, SE, MM via secara virtual.

Sementara itu Sekprov. Sulbar Dr.H.Muhammad Idris, M.Si mengatakan saat ini terdapat 1711 pelaku UMKM di Sulbar, tentu sangat potensial menggerakkan ekonomi, namun demikian salah satu syarat untuk dapat memajukan UKMK adalah dengan menciptakan ekosistem yang baik termasuk membangun literasi sosial dan literasi digital, sayangnya kata Muhammad Idris, secara umum di Sulbar belum sepenuhnya ditunjang dengan kemajuan pola fikir perangkat daerah yang mengindikasi belum terbangunnnya leadersif digital di hampir semua tingkatan pemerintahan.

Meski begitu ia berharap, kedepan pemerintah daerah bisa menjadi central dalam membangun ekosistem digital demi kemajuan usaha UMKM dan kemajuan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, pada kesempatan tersebut dilakukan peresmian Malolo Edukraf oleh Sekda Provinsi Sulbar, Muhammad Idris. ( its)

Komentar

Update Terbaru