oleh

Faisol Ali, Lantik Kepala Satpol PP Polman Sebagai PPNS

Mamujuekspres.com–Polewali – Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Faisol Ali mengambil sumpah jabatan Kepaka Satpol PP Polman sebagai PPNS bertempat di Aula Hotel Sinar Mas, Polman selasa (20/9/22).

Menurut Faisol Ali kepercayaan tidak mudah didapat, maka jadilah aparat yang dicintai masyarakat bukan malah ditakuti masyarakat.
“Untuk itu, pelaksanaan tugas penyidikan tidak menimbulkan permasalahan, ketidak harmonisan atau ego sectoral” harap salah satu Kakanwil Institusi Menkumham, Yasonna itu

Dikatakan, Faisol Ali, PPNS harus mendudukkan diri sebagaimana yang diatur dalam ketentuan Peraturan Perundang-Undangan, senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan tugas penyidikan.

“Keberadaan institusi PPNS di setiap daerah provinsi maupun kabupaten atau kota untuk memperkuat kerangka otonomi daerah, dalam hal melaksanakan penyelenggaraan peraturan yang menjadi lingkup kewenangannya.

“Secara de jure dan de facto, PPNS yang  dilantik telah resmi menjadi aparatur penegak hukum di bidang penyidikan untuk mengawal dan menegakkan Peraturan Perundang-undangan yang menjadi lingkup kewenangannya” ujarnya

Berdasarkan data pada aplikasi monitoring kanwil kemenkumham sulbar, telah tercatat 63 orang PPNS yang tersebar pada Pemkab dan Pemprov dan instansi vertikal se Sulbar, keberadaan  PPNS melaksanakan pengaturan, pembinaan, pelaksanaan dan pengawasan serta penegakan hukum.

Hadir pada kesempatan tersebut Pejabat Tinggi Pratama, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Alexander Palti, Pejabat Administrasi, dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat maupun di lingkungan Pemerintah Daerah Polewali Mandar (han/m2)

Komentar

Update Terbaru