oleh

Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Sidak OPD Pasca Libur Panjang

Mamujuekspres.com–Mengevaluasi kehadiran ASN sekaligus  silaturahmi pasca libur hari raya Idul Fitri 1443 H, Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD lingkup Pemkab Mamuju, senin (9/5/22).

Sidak dimulai di lingkup Sekretariat Daerah kemudian dilanjutkan kesejumlah OPD, Bupati tidak jarang memeriksa kehadiran ASN melalui absensi yang dibacanya, alhasil tidak ada dari mereka yang beralasan tidak hadir pada hari pertama masuk kerja untuk menjalankan rutinitas perkantoran.

Dikatakan, bagi yang dinyatakan tidak hadir telah disiapkan 3 tingkatan sanksi, dimulai dengan pemotongan tunjangan kinerja 50 persen terhadap mereka yang alpa di hari pertama kerja, selanjutnya ASN yang tidak hadir di hari kedua akan dipotong tunjangan kinerjanya 30 persen, dan yang tidak hadir pada hari ketiga pasca libur panjang akan diberi sanksi pemotongan tunjangan kinerja 20 persen selanjutnya tidak menutup kemungkinan akan ada ASN yang diberi sanksi pemotongan tunjangan kinerja hingga100 persen jika mereka tidak hadir tanpa alasan yang jelas selama tiga hari berturut-turut pasca libur panjang yang telah berakhir.

Sutinah mengingatkan agar seluruh ASN dapat meningkatkan kinerjanya dan memberdayakan diri ditengah berkurangnya tenaga kontrak yang jumlahnya mengalami penurunan drastis akibat adanya aturan yang membatasi kehadiran tenaga kontrak.

Para ASN dituntut untuk meningkatkan kemampuannya sedang para pejabat harus mampu mengorganisir bawahan masing-masing, berikan tugas kepada semua staf agar mereka juga lebih bersemangat untuk masuk kantor, ucap Bupati ketika melakukan inspeksi.

Dari hasil pantauan Bupati dan Sekretaris Daerah ketika melakukan sidak ditempat berbeda terungkap bahwa jumlah ASN yang  masuk kantor pasca libur panjang cukup signifikan, hanya terdapat satu atau dua orang yang belum hadir tanpa alasan yang jelas, untuk itu Sutinah Suhardi memberikan atensi atas kehadiran semua staf di semua OPD lingkup Pemkab Mamuju, ia berharap agar kehadiran dan kinerja pegawai tidak hanya baik pada momentum dilakukannya sidak tapi harus lebih ditingkatkan agar pelayanan kepada masyarakat lebih prima dan terus meningkat. (hms)

Komentar

Update Terbaru