oleh

PT.SRL 1 Dan PT. SRL 2 Tingkatkan Mutu Pendidikan 34 Sekolah Negeri Binaannya

Mamuju Ekspres.com–Kontribusi PT Astra Agro Lestari (PT AAL) dalam Bidang pendidikan memang patut diacungi jempol, pasalnya walaupun masih masa Pandemi Covid-19 namun perusahaan tersebut tidak menyurutkan semangat dan komitennya untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di dua Kabupaten wilayah kerja operasional anak perusahaannya.

Baru-baru ini, melalui dua anak perusahaannya, yakni PT Suryaraya Lestari 1 (SRL1) yang beroperasi di wilayah kerja Kabupaten Pasangkayu dan PT Suryaraya Lestari 2 (SRL2) yang beroperasi di wilayah kerja Kabupaten Mamuju Tengah berkolaborasi dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang pendidikan.

Program Terpadu Pendidikan Masyarakat (PTPM) yang dikemas dalam “Astra Cerdas” kembali dilakukan, seperti tahun sebelumnya, konsistensi dua anak perusahaan PT. Astra Agro Lestari tak henti-hentinya memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan untuk sekolah negeri di desa binaannya melalui kegiatan Training Kepala Sekolah, Guru, dan Komite Sekolah.

Meski melalui Webinar, sebanyak 34 sekolah dan 102 peserta terdiri dari kepala sekolah, guru, dan komite sekolah dari masing-masing sekolah binaan PT SRL 1 dan PT SRL 2 antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung selama 2 hari yakni 15-16 Februari 2022. Sebanyak 17 sekolah dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMU/SMK di 7 Desa dalam lingkup Kecamatan Sarudu, Dapurang, Duripoku Kabupaten Pasangkayu sebagai peserta Training.

Demikian halnya wilayah Kabupaten Mamuju Tengah, sebanyak 17 sekolah jenjang SD, SMP, dan SMA di 8 Desa dalam lingkup Kecamatan Budong-Budong, Kecamatan Tobadak, Kecamatan Topoyo turut berpartisipasi sebagai peserta training yaitu Kepala Sekolah, Guru, dan Komite Sekolah yang diselenggarakan PT SRL 1 dan PT SRL 2.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pasangkayu Dr. H. Abidin, S,Pd, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkab Pasangkayu melalui Dinas Pendidikan memberikan apresiasi kepada PT. Suryaraya Lestari 1 dan 2 yang menyelenggarakan kegiatan Virtual Training bagi Kepala Sekolah, Guru, dan Komite Sekolah sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi antara Perusahaan dan Dinas Pendidikan untuk maju dan bergerak bersama-sama dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang bermutu di daerah ini.

“Saya selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasangkayu mengucapkan terima kasih kepada PT. Suryaraya Lestari 1 & 2 karena turut andil dalam pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan serta meningkatan kualitas SDM tenaga pendidik via Virtual Training di wilayah Kabupaten Pasangkayu sebagai bentuk konkrit dan komitmen perusahaan di bidang pendidikan melalui kegiatan training.

Dikatakan, semoga kegiatan ini menjadi stimulus untuk kita semua dalam bergerak maju dalam mewujudkan “sekolah penggerak” guna mewujudkan dan meningkatkan kualitas pendidikan sebagaimana yang kita harapkan bersama”, ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju Tengah H. Busdir, S.Pd, M.Pd ketika memberikan sambutan kedua dalam acara pembukaan training, menurut Kepala Dinas Pendidikan Mateng pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada PT. Suryaraya Letari 2 atas segala bentuk dukungan baik moril maupun materil melalui kegiatan virtual training bagi Kepala Sekolah, Guru, dan Komite Sekolah yang melibatkan sejumlah sekolah yang berada dalam wilayah Kabupaten Mamuju Tengah.

“Saya berterima kasih kepada PT. Suryaraya Lestari 2 atas terlaksananya kegiatan training secara virtual ini karena beberapa sekolah yang berada di Kabupaten Mamuju Tengah ini telah menjadi binaan PT. Suryaraya Lestari 2 sebagai bentuk perhatian perusahaan terhadap dunia pendidikan baik pada jenjang sekolah TK, SD, SMP maupun SMA/ SMK untuk membantu mewujudkan peningkatan kualitas SDM dalam bidang pendidikan di Kabupaten Mamuju Tengah dengan harapan dapat melahirkan tenaga pendidik yang berkualitas untuk membangun Kabupaten Mamuju Tengah pada khususnya.

Sementara itu Administratur PT. SRL 1 dan PT. SRL 2, M. Tugiran ketika membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa keberadaan PT. SRL 1 dan PT. SRL 2 di tengah-tengah lingkungan masyarakat di Kabupaten Pasangkayu dan Kabupaten Mamuju Tengah salah satunya yaitu memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan kemajuan daerah melalui program-program CSR yang dijalankan perusahaan, seperti program di bidang pendidikan melalui kegiatan training para tenaga pendidik dan komite sekolah.

Dikatakan, “Semoga keberadaan perusahaan kami senantiasa memberi kontribusi terhadap peningkatan kualitas dan perkembangan mutu pendidikan di wilayah desa ring 1 perusahaan melalui program CSR yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, seperti kegiatan peningkatan mutu bagi Kepala Sekolah, Guru dan Komite Sekolah melalui kegiatan training.

Tugiran berharap, dengan adanya kegiatan training seperti ini, anak-anak kita tidak ketinggalan dalam pendidikan meskipun masih dalam kondisi pandemi sampai saat ini. Kami dari manajemen perusahaan tetap komitmen menjalin sinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan pendidikan di daerah ini”,ujarnya.

Ditempat yang sama pelaksana kegiatan sekaligus Asisten CSR PT. SRL 1&2, Andi Ibrahim, menuturkan bahwa kegiatan training Kepala Sekolah, Guru, dan Komite Sekolah yang diselenggarakannya merupakan program rutin tahunan sebagai bentuk kontribusi perusahaan melalui program CSR dalam mengimplementasikan Program Terpadu Pendidikan Masyarakat (PTPM) bagian dari 4 pilar Public Contribution yaitu Astra Cerdas yang dijalankannya.

“Alhamdulillah, pelaksanaan training Kepala Sekolah, Guru, dan Komite Sekolah binaan tahun ini dapat dilaksanakan meskipun masih secara daring yakni melalui zoom. Namun demikian, bukan merupakan hambatan untuk mewujudkan upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah-sekolah negeri binaan PT. SRL 1 & 2.” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan training kepala sekolah, guru, dan komite sekolah yaitu; Irham Tapala, Kabid. Dikdas Kabupaten Pasangkayu. Muh. Arif, Kabid. Dikdas Kabupaten Mamuju Tengah. Hj. Sunarti Kordinator Pengawas Pendidikan Kabupaten Pasangkayu. Sugiat, S.Pd,M.Pd Kordinator Pengawas Pendidikan Kabupaten Mamuju Tengah. Arifuddin Adhin Achmad, S.Kep. sebagai Kepala Desa Babana. Burhan sebagai Kepala Desa Bulumario.***

Komentar

Update Terbaru