oleh

Naik Level, Kemenag Sulbar Makin Terbuka Dan Inovatif


Mamuju Ekspres.com–Kementerian Agama Memperoleh predikat Menuju Informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP) yang digelar secara virtual.

Menurut Ketua KIP Gede Narayana berdasarkan pemantauan dan evaluasi informasi publik dalam waktu Januari – Desember 2020. Proses pemantauan evaluasi dan evaluasinya dilakukan tahun 2021.

Sekjen Kemenag Nizar mengapresiasi kemajuan informasi di Kementerian Agama. Menurutnya, hasil pemantauan KIP menunjukkan bahwa Kemenag berhasil meningkatkan informasi satu tingkat publik lebih tinggi dari sebelumnya hanya memperoleh predikat “Cukup Inform”.

“Ini sekaligus membuktikan bahwa Kemenag semakin terbuka dan informatif dalam pengelolaan informasi publik,” tegasnya.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yang hadir dalam penganugerahan tersebut menyampaikan Indonesia sebagai salah satu negara terbesar di dunia, untuk menjalankan prinsip-prinsip demokrasi di antaranya adalah prinsip-prinsip informasi.

“Ini sebagai wujud nyata untuk membangun pemerintahan yang terbuka, akuntabel dan partisipatif dan inovatif,” tutur Wapres KH. Ma’ruf Amin.

Ia juga menyampaikan, Indonesia menjadi inisiator berdirinya open government partnership (OGP). “Sebagai anggota OGP bersama organisasi masyarakat sipil, Indonesia dapat menentukan langkah-langkah yang tepat dalam mendorong akses informasi yang luas terhadap kegiatan badan-badan publik yang dimiliki negara,” imbuh Wapres.

Karenanya, seluruh Wapres mengimbau lembaga publik untuk terus meningkatkan informasi. “Manfaatkan teknologi yang berkembang, untuk memperluas akses informasi kepada publik,” ungkap Wapres.

Dalam acara yang sama, salah satu satuan kerja (satker) Kemenag yakni Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo juga berhasil meraih anugerah Badan Publik dengan predikat “Informatif”. (hms)

 

Komentar

Update Terbaru