oleh

Disdukcapil Mamuju, Layanan Adminduk Lewat Daring

Mamuju Ekspres.com–Sosialisasi penataan pengelolaan informasi administrasi kependudukan (Adminduk) yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Mamuju bertempat di Waterpark d’Maleo hotel, dibuka secara resmi Wakil Bupati Mamuju Ado’Masud, senin (25/10/21).

Menurut Wabup, pelayanan yang dilengkapi model jaringan (daring) merupakan langkah maju dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Dikatakan, jumlah personil Disduk Capil Mamuju belum berbanding lurus dengan jumlah penduduk serta topografi wilayah, dimana sebagian masyarakat masih sulit menerima layanan langsung dalam pemenuhan adminduk. Olehnya, ia meminta semua stakeholder, mulai dari pemerintah Provinsi, Kabupaten, hingga Desa dan Kelurahan, dapat membangun kolaborasi demi mendukung program ini.

Sementara itu kepala Disduk Capil Mamuju Agung Pattola, mengatakan Sosialisasi penataan pengelolaan informasi adminduk serta pelayanan daring, maupun kios pelayanan adminduk di tiap desa dan kelurahan, adalah salah satu upaya mendorong pemenuhan target perekaman KTP elektronik (el) tahun 2021 yang hingga saat ini belum maksimal, serta menjadi salah satu bentuk aktualisasi Visi Mamuju Keren dengan target optimalisasi layanan pemerintah kepada masyarakat.

Layanan ini akan memanfaatkan teknologi informasi melalui internet,  dapat diakses melalui situs resmi Pemkab. Mamuju melalui Dinas Kominfo dan Persandian pada website mamujukab.go.id yang memungkinkan masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan tanpa harus datang ke kantor Disduk Capil, oleh nya itu Agung, berharap, layanan ini dapat disosialisasikan ke masyarakat, agar dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pelayanan Adminduk.

Kadisduk Capil Prov. Sulbar, Muhammad Ilham Borahima, memberikan apresiasi positif atas inovasi Disduk Capil Mamuju, ia menilai langkah tersebut akan semakin memperbaiki layanan adminduk oleh disduk capil, terlebih dalam momentum menghadapi pesta demokrasi tahun 2024.

Namun demikian, pejabat yang pernah meniti karier di Kabupaten Mamuju ini, mengatakan, salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah aksesibilitas jaringan komunikasi yang saat ini masih terbatas diwilayah perkotaan, perlu sinergitas yang baik untuk dapat mengaktualisasi capaian layanan adminduk di daerah ini,
untuk diketahui, kegiatan sosialisasi tersebut, menghadirkan para Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Mamuju. (***)

Komentar

Update Terbaru