oleh

Gubernur Sulbar, Fokus Perbaikan Pasca Bencana

Mamuju Ekspres.com

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar bersama Sekprov Sulbar Muhammad Idris, mengikuti Sosialisasi Hasil Kajian Geologi Terpadu Pasca Gempa Mamuju-Majene 6,2 SR, yang dilaksanakan oleh Badan Geologi di Aula Kantor Bappeda Sulbar, Rabu 14 April 2021.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, dalam sosialisasi tersebut menekankan, saat ini harus berfokus pada percepatan perbaikan pasca bencana, dengan mengedepankan basis data yang valid.

“Kedepan kita merubah cara lama yang lamban, tetapi bekerja secara cepat dalam perbaikan kedepankan basis data yang valid,”tandas Ali Baal

Masih kata Ali Baal, penataan ruang juga sangat penting di Sulbar ini, misalnya penataan kawasan yang aman bencana dan lainnya.

“Dari sosialisasi kajian ini, kami harapkan pendampingan dari Badan Geologi untuk bisa bersama-sama belajar dari musibah lalu, sehingga dapat meminimalisir dampak bencana yang tidak bisa kita prediksi kedepannya,”tutup

Sementara Sekda Sulbar, Muhammad Idris menuturkan, kejadian yang dialami oleh Sulbar kurang lebih tiga bulan lalu akan dijadikan sebagai peringatan, sebagai sebuah catatan atau pengetahuan dalam menyelesaikan masalah yang

Ia juga mengungkapkan, selain kerugian material, musibah gempa bumi pada 15 Januari lalu juga mengakibatkan adanya korban jiwa. Tercatat terakhir jumlah korban jiwa sebanyak 108 orang dari dua kabupaten.

Sedangkan, kerugian-kerugian yang terjadi khususnya dari dampak bencana itu, sebelumnya hanya dua kabupaten saja yang terdampak, tapi ternyata dari data

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Eko Budi Lelono mengatakan, Badan Geologi memiliki tugas dan fungsi penelitian, penyelidikan dan pelayanan di Bidang Informasi Geologi.

Eko Budi mengungkapkan, Badan Geologi telah mengirimkan tim yang berasal dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, dan juga Pusat Air Tanah Geologi Tata Lingkungan, untuk mengambil data-data yang diperlukan, sabagai bahan untuk analisis dan rekomendasi pasca bencana. ( ist)

Komentar

Update Terbaru