oleh

Satlantas Polres Majene Musnahkan 256 Knalpot Brong

Mamuju Ekspres.com–Satuan Lalu Lintas Polres Majene musnahkan  256 knalpot yang bersuara bising (brong) di halaman depan Mapolres, senin (12/4/21).

256 knalpot yang bersuara bising (brong) tersebut merupakan hasil operasi yang dilakukan selama 4 tahun sejak tahun 2018 lalu.

Pemusnahan dilakukan dengan menggilas menggunakan alat berat yang disaksikan langsung  Kapolres Majene, Sekda Majene, yang mewakili Dandim 1401 Majene, Dinas Perhubungan, BPBD dan para undangan.

Kasatlantas Polres Majene Iptu Andi Rady menegaskan penggunaan knalpot tersebut ada aturannya, apabila kapasitas 177 cc maka maksimal suara knalpot 90 desibel. Jika lebih dari 175 cc maksimal 93 desibel, lebih dari itu melanggar, tegasnya.

Namun perlu dicatat, ini bukan barang bukti, pasalnya jika BB akan ada  proses hukum selanjutnya. Namun pemusnahan kali ini dilakukan atas kerelaan para pemilik kenalpot, mereka bersedia mengganti knalpot yang standar demi menjaga ketertiban dalam berlalu lintas, padahal diantara knalpot disita, harganya berkisar dua jutaan, tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Majene AKBP Irawan Banuaji menyebutkan pemusnahan kenalpot ini dilakukan untuk menciptakan kenyamanan ditengah masyarakat karena kita ketahui bersama suara knalpot brong itu sangat mengganggu.

Dikatakan Kapolres, pemusnahan ini tentu bukan jaminan bahwa mereka tidak mengulangi lagi pelanggaran serupa, karena semuanya dikembalikan kepada pengendara itu sendiri.

“Seluruh pengendara harus memiliki dan meningkatkan kesendaran sendiri dalam menekan angka kecelakaan dan yang terpenting dalam berkendara kembalikan semua kepada standar penggunaan kendaraan,” tutur Kapolres.

Disamping itu, pihaknya juga menegaskan selama pelaksanaan operasi keselamatan khususnya di bulan sucin ramadhan akan terus dilakukan operasi pembubaran balapan liar di semua titik yang menjadi arena balap dan yang terjaring kendaraannya akan dikandangkan selama bulan suci ramadhan.

Disamping itu, terkait penggunaan knalpot brong orang tua juga harus terus mengingatkan anak-anaknya. Karena pakai knalpot brong itu bukan hal keren, apalagi, tidak murah memodifikasinya, tandasnya. (hms)

 

Komentar

Update Terbaru