oleh

Agro Inovasi Super Tani Diharap Lahirkan Petani Keren

Mamuju Ekspres.com–Bapati Mamuju hadiri  launching diseminasi teknologi Badan Litbang Pertanian dan agro inovasi super tani di Kecamatan Papalang, selasa, (6/3/21)

Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi mengatakan program inovasi dimotori Balai Pengkajian Teknologi Pertanian diharapkan mampu melahirkan petani Keren, petani yang maju, mandiri dan modern.

Pihak perbankan akan memudahkan dalam aksesibilitas permodalan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR), maupun berbagai stakeholders lainnya dalam upaya mendukung penguatan sektor pertanian.

“Kita berharap, agar inovasi akan menyentuh permasalahan petani dari hulu ke hilir sehingga petani memiliki daya saing, dalam istilah kami di Kabupaten Mamuju petani yang Keren” ungkap Sutinah Suhardi.

Selain itu, ia mengapresiasi program inovasi yang terintegrasi berbagai sektor yang dinilai sangat dibutuhkan para petani, utamanya dalam pemanfaatan teknologi pertanian.

Sutinah Suhardi menilai persoalan tersebut adalah persoalan klasik yang selalu menjadi permasalahan petani yang selama ini belum tersentuh sehingga kehadiran inovasi Super tani tersebut di harapkan menjadi solusi dan berperan sebagai media terintegrasi antara kebutuhan petani hingga perbankan.

Kepala BPTP Provinsi Sulbar, Nurdiah Husnah mengatakan, meski tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun dengan segala kemampuan dan ketersediaan sumberdaya, pihaknya akan terus berupaya hadir sebagai pendamping dalam upaya penerapan teknologi pertanian, sehingga upaya meningkatkan kwalitas pertanian akan lebih baik.

Sementara itu Kepala perwakilan Bank Indonesia Sulbar Budi Sudaryono, mengaku agro inovasi super tani salah satu langkah sangat baik dalam upaya mendorong perekonomian produktif, ia juga menilai  inovasi tersebut telah mampu menjalin hubungan harmonis antar berbagai stakeholders terkait, mulai dari petani, pendamping pertanian, perbankan dan balitbang, sehingga semua dapat berperan aktif dengan spesifikasinya masing-masing.

Ia berjanji, Bank Indonesia akan berperan aktif dalam mendukung inovasi tersebut secara bertahap dengan tetap memperhatikan dinamika perkembangan. (hms)

Komentar

Update Terbaru