oleh

Peringatan Hari Pahlawan Ke-75, Kapolda Sulbar Irup Upacara Tabur Bunga

Mamuju Ekspres.com– Merdeka atau mati, demikian pilihan kata yang digunakan dalam perjuangan mempertahankan Kemerdekaan RI dalam mengusir penjajah pada 10 November 1945, tetesan keringat dan darah yang menetes dari ribuan tubuh para Pahlawan menjadi saksi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Selasa, (10/11/20) tepat 75 tahun perjuangan para Pahlawan, Indonesia memperingati Hari Pahlawan dengan mengusung tema ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’.

Peringatan hari Pahlawan di Sulawesi Barat ditandai dengan pelaksanaan Upacara Bendera di Kantor Gubernur Sulbar, Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan dan Tabur Bunga di Laut, rangkaian kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Budi Sampurno, Danrem 142 Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, Wakapolda Sulbar Brigjen Pol Umar Faroq, Ketua DPR Provinsi Suraidah Suhardi, para Forkopimda dan ratusan peserta upacara.

Usai tabur bunga dilaut, Kapolda Sulbar melalui Kabid Humas AKBP Syamsu Ridwan mengatakan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Dikatakan, hari Pahlawan kiranya tidak sekadar diingat pada setiap 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa, sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu ” Pahlawanku Sepanjang Masa “.

Apa yang dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka, dahulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti, kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham- paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia.

Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan-Nya kepada bangsa Indonesia, tutup Kabid Humas. (hps)

Editor : ANDI

Komentar

Update Terbaru