oleh

In Memory of ALALUDDIN Wartawan BKM

Mamuju Ekspres.com–Alaluddin (alm) adalah sahabat dan rekan seperjuangan penulis di SKM. Makassar Press terbit di Ujung Pandang yang dipimpin (alm) A.Moein. MG, salah seorang tokoh pers nasional yang bermukim di Ujung Pandang dan cukup disegani dan dihormati, kami bertiga (alm) Alaluddin, Ishaka M. Toib dan Mukmin A.Taufiq (penulis red) memulai karir jusnalistik di Makassar Press tahun 90-an di Ujung Pandang kini Makassar. Memasuki era reformasi seiring terbentuknya Provinsi Sulawesi Barat secara kebetulan kami bertiga bertemu kembali di Mamuju sebagai jurnalis dengan media yang berbeda (alm) Alaluddin BKM, Ishaka M.Toib  Mamuju Pos dan penulis Indonesia Pos, selanjutnya tahun 2007 di bentuk PWI Cab. Sulawesi Barat berdasarkan hasil Konfrensi PWI Cabang Sulbar yang pertama tanggal 9 April 2006 kami bertiga diberikan amanah sebagai pengurus, (alm) Alaluddin Bendahara, Ishaka M. Toib Wkl Sekretaris dan Mukmin A.Taufiq  Wkl Ketua Bidang Pendidikan masa bakti 2007-2011, hanya berselang tiga bulan kemudian tepatnya 30 April 2007 pengurus PWI Pusat mengangkat dan mengesahkan pengurus Masyarakat dan Persatuan Wartawan Indonesia Pemantau Pemilihan Umum (MAPILU-PWI) Sulbar (alm) Alaluddin kembali diberi amanah sebagai Wkl Ketua Bidang Kerjasama, Ishaka M. Toib Wakil Ketua Devisi Pendidikan dan Mukmin A. Taufiq terpilih sebagai ketua.

Perjalanan karir jurnalistik almarhum terbilang cukup menonjol dibanding dengan rekan seprofesi lainnya selain aktif di media harian ia juga aktif di organisasi kewartawanan terbesar di tanah air, karya junalistiknya sudah tak terhitung. Kami bertiga juga menjadi atlit PWI pada Pekan Olah raga Wartawan Nasional (PORWANAS) di Samarinda tahun 2007 (alm) Alaluddin atlit Tennis Meja, Ishaka. M. Thoib Tennis Meja dan Mukmin A. Taufiq, catur.

Ketika peringatan Hari Pers Nasional diselenggarakan ditingkat Provinsi Sulbar yang diselenggarakan di Mamuju secara kebetulan penulis didaulat sebagai ketua panitia, almarhum turut memberikan kontribusi pemikiran disamping panitia lainnya agar kegiatan yang baru pertama kali digelar didaerah dapat berjalan dengan baik, karena dihadiri ketua PWI Pusat Drs. Tarman Azzam, berkat dukungan Pemkab. Mamuju dan para panitia serta ketua dan pengurus PWI Sulbar waktu itu peringatan hari pers di daerah dinilai sangat berhasil oleh Tarman Azzam ketua PWI Pusat dalam pidatonya pada peringatan hari pers di Mamuju.

Kini (alm) Alaluddin telah tiada, kami sangat kehilangan seorang sahabat seperjuangan didunia jurnalistik baik pada masa orde baru maupun masa reformasi, jasa dan karya jurnalistik almarhum akan dikenang sepanjang masa, selamat jalan kawan, husnul khatimah, Aamiin.

Penulis : Pemimpin Umum Mamuju ekspres.com

 

Komentar

Update Terbaru