oleh

Kades Kopeang Bangun Jalan Rabat Beton

Mamuju Ekspres.com—Desa Kopeang yang terletak di Kec. Tapalang, Kab. Mamuju yang berpenduduk 923 jiwa, 243 Kepala Keluarga dan terdiri dari 8 dusun diantaranya, Dusun Touban, Kanang, Kopeang, Rante Mario, Salopange, Salosipoto, Kebangan dan Bulari sejak dimekarkan dari Desa Belu tahun 2018 lalu hingga sekarang telah banyak melakukan perubahan baik pembangunan infrastruktur berupa peningkatan jalan rabat beton didusun Kebanga dan Rante Mario masing masing sepanjang 400 m maupun pembangunan jembatan gantung sepanjang 38 m dan lebar 120 cm, hal tersebut diungkapkan Kades Kopeang Abd. Rahman kepada wartawan media online mamujuekspres.com minggu, (4/10/20).

Pembangunan yang dilakukan Kades Kopeang dalam rangka memperlancar pemasaran hasil komoditas masyarakat dari sektor perkebunan dan pertanian didesa ini. Seperti diketahui jarak tempuh antara Desa Kopeang dengan Tapalang sekitar 26 km, sebelum jalan diperbaiki masyarakat biasanya berjalan kaki memikul hasil perkebunannya kadang sehari semalam baru sampai di Tapalang, tapi sekarang jalan telah diperbaiki menggunakan rabat beton dan sungai yang sering menghambat perjalanan telah dibangun jembatan gantung sehingga masyarakat lebih efesien dengan waktu dan tenaga karena sudah menggunakan kendaraan roda dua untuk memasarkan komoditi  dari Desa Kopeang ke Tapalang.

Selain pembangunan jalan dan jembatan yang telah dilakukan Kades Kopeang juga pembangunan jalan tani sepanjang 3 km dengan lebar 3 m, pembanguan Puskedes, sekolah PAUD, TPA, rehab pembangkit tenaga air didusun Buleri, bantuan untuk 8 Koptan berupa bibit jagung, padi unggul dan pupuk, bantuan kelompok wanita tani, bantuan tenaga surya 81 unit,  bantuan BLT sebanyak 68 KK, pelebaran jalan sepanjang 8 km dan pembukaan jalan baru sepanjang 2 km. Program pembangunan infrastruktur desa tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk mewujudkan program pemerataan pembangunan yang telah dicanangkan Pemkab. Mamuju yang dipimpin H.Habsi Wahid dan H. Irwan SP. Pababari untuk daerah terpencil. (its)

Editor : ANDI

Komentar

Update Terbaru