oleh

Media Penyiaran Harus Miliki Komitmen Literasi

Mamuju Ekspres.com—-Media Penyiaran menggunakan frekuensi milik publik, Penggunaan frekuensi mengharuskan hadirnya komitmen lembaga penyiaran dalam melakukan literasi. Hal tersebut dikemukakan Komisioner KPI Pusat Aswar Hasan pada Webinar bertajuk “Literasi Media dan Daya Dukung Lembaga Penyiaran Lokal”, yang dilaksanakan Forum Masyarakat Peduli Media (FMPM) bekerjasama dengan Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam (IAI) DDI Polman, Sabtu (25/07/2020) siang.

Menurut Aswar, literasi dalam perspektif media penyiaran itu penting, mengingat sifatnya yang wajib. Frekuensi yang digunakan adalah milik publik, dipinjamkan secara administratif melalui sebuah proses ke KPI atau KPID, sehingga frekuensi yang digunakan media penyiaran bersifat pinjaman. Olehnya itu harus digunakan semaksimal mungkin demi kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Dikatakan, inti dari literasi, bagaimana menumbuhkan kesadaran kritis masyarakat, agar informasi yang disiarkan dapat dicerna dan dimanfaatkan secara baik bagi kepentingan masyarakat,  ungkapnya.

Sementara itu, wakil Ketua DPRD Sulbar Usman Suhuriah, mengungkapkan literasi media memang menjadi kebutuhan, di tengah kondisi yang dihadapi saat ini, hakekat dasar dari literasi media itu memang hadir untuk mengedukasi para pendengar atau pembaca yang berkaitan dengan informasi, kata Usman.

Sementara Direktur Fajar TV Makassar Muhammad Yusuf mengakui, hingga saat ini defenisi literasi media masih lebih dominan sasarannya diarahkan pada pemirsa atau pendengar. Padahal baginya, literasi juga sangat penting bagi pekerja media yang merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap produksi medianya sehingga konsisten dan komitmen pada aturan, sesuai Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3/SPS).

Webinar kali ini juga menghadirkan Kepala LPPL Radio Mammis FM Anugrawaty M Sila yang menjelaskan peranan lembaga penyiaran publik lokal di daerah dalam mendorong kegiatan literasi. Kegiatan ini dipandu moderator Pegiat Literasi Sulawesi Barat Agung Hidayat Mansur.

Ketua Prodi Perbankan Syariah FEBI IAI DDI Polman Rini, SE., Ak., M.Si., CA mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan terima kasih kepada narasumber, yang telah mengikuti kegiatan ini, tutupnya.

Reporter: Agung Hidayat

Editor: ANDI

Komentar

Update Terbaru